https://humas-setda.hsu.go.id/css/demo-pg/ https://humas-setda.hsu.go.id/css/slot-thailand/ https://simita-is.unikom.ac.id/assets/css/thai/ rtp https://tp4d.garutkab.go.id/produk/slot-deposit-pulsa/ https://adlab.architecture.ui.ac.id/wp-includes/html-api/slot-zeus/ pgslot https://rumahsains-ipa-pasca.unpak.ac.id/toto-slot/ slot thailand slot garansi
Reformasi Birokrasi - Perpustakaan Nasional RI

Berita

06 November 2023

Ekspose Hasil Pengawasan Kearsipan Internal Tahun 2023


Salemba, Jakarta – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) kembali melaksanakan pengawasan kearsipan internal pada 2023. Kegiatan yang telah rutin diadakan sejak 2021 ini bertujuan untuk menilai penyelenggaraan kearsipan serta tingkat kemajuan atau perkembangan tindak lanjut yang dilaksanakan oleh unit pengolah.

Harapannya dengan penyelenggaraan kearsipan yang baik, akuntabilitas akan meningkat, keterbukaan informasi lebih terjamin, aset negara dapat terjaga melalui bukti autentik, dan terwujudnya penyelamatan arsip statis untuk memori koleksi bangsa.

Kegiatan yang bertajuk Ekspose Hasil Pengawasan Kearsipan Internal Tahun 2023 digelar di Ruang Aula Gedung Perpusnas Salemba, Senin (6/11/2023).

Pada kesempatan ini diketahui bahwa dari pengawasan kearsipan internal yang berlangsung pada 9 Maret – 15 Juni 2023, dari 17 (tujuh belas) Unit Pengolah Kearsipan terdapat 5 (lima) Unit Pengolah Kearsipan Terbaik dan 5 (lima) Arsiparis Terbaik.

Sekretaris Utama, Ofy Sofiana dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada para penerima penghargaan terbaik. Dia mengatakan penilaian tersebut bukanlah hasil akhir melainkan pemicu dan pemacu untuk lebih meningkatkan pengelolaan arsip agar menjadi lebih baik ke depannya.

“Tata kelola yang efisien dan efektif tentu akan membawa dampak positif bagi suatu unit kerja. Begitu pun dengan yang terjadi di negara, pengelolaan arsip menjadi salah satu tugas untuk memastikan arsip negara dapat terlindungi dan terselamatkan untuk kepentingan negara, pemerintahan, layanan publik, dan kesejahteraan rakyat,” jelasnya.

Selain itu Ofy juga mengingatkan beberapa kinerja yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam melakukan pengelolaan arsip antara lain menyerahkan arsip inaktif secara berkala kepada Biro Sumber Daya Manusia dan Umum, menyampaikan daftar arsip aktif setiap 6 (enam) bulan sekali, mengelola arsip sentral file di masing-masing unit pengolah, mengimpelementasikan penggunaan Srikandi pada seluruh unit pengolah secara massif, mengoptimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi unit kearsipan, dan menyediakan sarana dan prasarana kearsipan sesuai peraturan perundang-undangan.

Berikut ialah 5 (lima) Unit Pengolah Kearsipan Terbaik dan 5 (lima) Arsiparis Terbaik:

Terbaik 1 – Direktorat Deposit dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan (Arsiparis: Yuni Sulistya)

Terbaik 2 – Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara (Arsiparis: Desti Antarani)

Terbaik 3 – Biro Sumber Daya Manusia dan Umum (Arsiparis: Sugeng Riyadi)

Terbaik 4 – Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (Arsiparis: Ratna Galih)

Terbaik 5 – Biro Hukum, Organisasi, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (Arsiparis: Yeni Arista)

 

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Alfiyan Tarih Alfatih



Diunggah oleh Ryan Aries (06 November 2023)