Berita

04 July 2022

Persiapan Pelaksanaan Penilaian Mandiri SPBE Perpustakaan Nasional Tahun 2022


Salemba, Jakarta – SPBE atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan TIK dalam pemberian layanan kepada penggunanya.

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI mengadakan rapat koordinasi penilaian mandiri SPBE tahun 2022 secara daring melalui Zoom pada Senin (4/7/2022). Rapat membahas mengenai capaian SPBE dan eviden-eviden yang masih perlu dilengkapi dalam Lembar Kerja Evaluasi (LKE) SPBE Perpusnas.

Kepala Pusat Data dan Informasi Perpusnas, Taufiq A Ghani mengatakan bahwa sesuai arahan Kemenpan RB, Perpusnas diwajibkan melakukan evaluasi mandiri secara internal dimana kita tidak diplotkan untuk evaluasi eksternal karena sudah berkategori baik.

“Walau hanya evaluasi internal, namun kita harus berkomitemen untuk melaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk continuity dan sustainibility”, imbuhnya.

Dalam paparannya, Taufiq menyampaikan bahwa capaian nilai SPBE tahun 2021 Perpusnas mendapatkan nilai 3,40 dari target Renstra 3,20. Sedangkan untuk tahun 2022 ini, target berdasarkan Renstra adalah 3,34.

Berdasarkan detil nilai indeks SPBE, Taufiq mengungkapkan bahwa Perpusnas memiliki keunggulan di domain kebijakan, domain tata kelola dan domain layanan. Namun masih perlu melakukan banyak perbaikan di domain manajemen, terutama SPBE dan TIK.

Pada kesempatan yang sama, Rusnah Setiani menampilkan Lembar Kerja Evaluasi untuk menyampaikan eviden-eviden yang perlu ditindaklanjuti. Dalam pengumpulan eviden tersebut tentunya diperlukan kerja sama dari unit-unit kerja terkait. Salah satu eviden yang perlu untuk ditindaklanjuti adalah terkait pedoman dan list manajemen risiko SPBE.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Joko Santoso menambahkan bahwa Perpusnas sudah melampaui target dalam nilai indeks SPBE berdasarkan Renstra. Namun sebenarnya, untuk target dapat dilakukan penyesuaian dengan melakukan akselerasi. Joko menyampaikan bahwa target tahun depan bisa dijadikan target pada tahun ini agar dapat menunjukkan pengelolaan kerja yang lebih baik lagi.

 

Reportase: Endah Purwanti

 

 



Diunggah oleh Mohd Wahyu Saputra ()