Berita

06 December 2021

Perpusnas Jalin Kerja Sama dengan IAIN Batu Sangkar


 
Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas menjalin kerja sama melalui penandatanganan nota kesepahaman bidang Perpustakaan dengan IAIN Batusangkar, Senin (6/12/21).
 
Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengatakan perpustakaan dibagi menjadi 3 kelompok yakni manajemen koleksi, manajemen pengetahuan, dan transfer pengetahuan. Saat ini pengetahuan tidak hanya terbatas pada kemampuan baca tulis tapi sudah sampai pada tahap menciptakan barang dan jasa yang digunakan dalam persaingan global.
 
“Seperti pesan Indonesia jangan sampai hanya menjadi pengguna teknolgi. Indonesia harus jadi produsen teknologi, siapa yang diperingatkan ya salah satunya pustakawan,” papar Syarif Bando.
 
Di sisi lain, Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora mengatakan sebagai kontribusi dalam menciptakan tenaga perpustakaan yang profesional dilakukan IAIN Batusangkar dengan membuka program studi ilmu perpustakaan informasi yang sudah berakreditasi sangat baik (B).
 
Selain itu dalam menjalankan kegiatannya IAIN Batusangkar berfokus pada tridharma perguruan tinggi yakni akademik, penelitian, dan pengabdian. Menurut Marjoni, keberadaan perpustakaan yang representatif sangat diperlukan dalam menjalankan ketiganya, khususnya dalam bidang penelitian. Perpustakaan IAIN Batusangkar sendiri saat ini sudah terakreditasi A sejak 2019.
 
Kebutuhan akan perpustakaan ini tentu harus selalu ditunjang dengan peningkatan koleksi buku-buku yang dibutuhkan dalam pembelajaran dan penelitian sivitas akademika IAIN Batusangkar. “Apabila para dosen dan pengajar tidak mengambil atau menggunakan rujukan pustaka terkini, tentu akan ditinggalkan oleh mahasiswa,” ungkapnya.
 
Maka wujud kepedulian IAIN Batusangkar terhadap pengembangan perpustakaan dibuktikan dengan selalu menggelontorkan anggaran untuk memperbaharui koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan. Bahkan nilainya lumayan besar yakni mencapai 100 milyar setiap tahun. “Namun ini belum maksimal karena masih banyak kebutuhan sarana prasarana lain yang dibutuhkan dalam memenuhi kegiatan kampus untuk tetap berjalan,” imbuhnya.
 
Lebih lanjut Marjoni mengharapkan Perpusnas dan IAIN Batusangkar juga dapat mengarahkan kerja sama tersebut dalam bidang pengembangan sumber daya manusia perpustakaan. “Kami ingin diberikan akses untuk mahasiswa dan para dosen kami untuk menambah pengetahuan baru melalui program seperti magang,” sebutnya.
 
Hal ini disambut baik oleh Kepala Perpusnas yang mengatakan siap mendukung IAIN Batusangkar mengembangkan sumber daya manusia melalui berbagai fasilitas perpustakaan digital yang dimiliki Perpusnas.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Perpusnas juga menerima kunjungan kerja dari Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari, Bunda Literasi Kota Padang Panjang Dian Puspita, Ketua Komisi I DPRD Kab. Banjar, Kamaruzzaman.
 
 
 
Reporter: Eka Purniawati
 


Diunggah oleh Ryan Aries (06 December 2021)