Berita

11 November 2021

Perpusnas Serahkan Bantuan MPK Untuk Kabupaten Bantul


Sleman, Yogyakarta - Sebagai upaya meningkatkan minat baca dan mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI memberikan bantuan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) untuk Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Secara simbolis, bantuan MPK diserahkan langsung oleh Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul yang diterima oleh Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo yang disaksikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani serta anggota Komisi X DPR RI My Esti Wijayanti pada Kamis (11/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Anggota Komisi X DPR RI My Esti Wijayanti mengapresiasi adanya bantuan MPK untuk Kabupaten Bantul. Dirinya meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bantul untuk memanfaatkan mobil tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Termasuk bagaimana mobil perpustakaan keliling ini dapat menjangkau seluruh wilayah di Bantul. Terutama wilayah yang belum ada perpustakaannya atau minat baca tinggi tetapi terkendala fasilitas," ungkap Esti.

Mobil perpustakaan keliling, lanjut Esti, diharapkan dapat ditempatkan di tempat keramaian. Seperti pasar, supermarket, maupun fasilitas publik lainnya.

"Agar orang pasar juga bisa baca buku, tentu saja buku yang disediakan juga disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," lanjutnya.

Esti mengaku, bahwa masih perlu menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menguatkan literasi, agar masyarakat tidak terjerat hoaks.

"Saya kira kita harus menyadarkan masyarakat untuk menguatkan literasinya agar tidak terjebak hoaks. Kalau kita berpendapat sesuai dengan faktanya. Selain itu melalui perpustakaan masyarakat dapat belajar bagaimana hal-hal sederhana untuk meningkatkan perekonomian," ungkap Esti.

Reportase: Wara Merdeka
Fotografer: Ahmad Kemal Nasution

 


Diunggah oleh Radyt ()